KALKULATOR PERHITUNGAN SIMULASI KREDIT * PINJAMAN MULTIGUNA JAMINAN BPKB MOBIL-MOTOR, RATE MULAI 0,89 %, Leasing (Tbk.) Resmi-Aman-Terpercaya
* KREDIT MOTOR BARU, DP Paling Murah: YAMAHA-HONDA-SUZUKI, Discount DP Hingga 2 Juta, Aman COD
Melayani Wilayah: JAKARTA, DEPOK, TANGERANG, BEKASI
SMS/Telpon 24 Jam : 0899 - 9658 - 815 Cukup SMS, Kami Telpon Balik, Sabtu-Minggu Tetap Kami Layani
Format SMS: NAMA # KOTA # TYPE - Contoh SMS: LINA # CIBUBUR-JAKARTA # HONDA CIVIC 2015

Tips Menghemat Biaya Perawatan dan Perbaikan Mobil

Perawatan kendaraan adalah langkah penting agar mobil panjang umur. Tak cuma itu, banyak praktisi otomotif menilai, Perawatan Merupakan 'kunci' dalam keselamatan berkendara.

Walaupun terbilang penting, tapi banyak pemilik mobil yang memilih enggan membawa kendaraan mereka ke bengkel untuk perawatan. Padahal jika masalah pada mobil sudah bertumpuk, butuh biaya besar yang menguras kantong untuk memperbaikinya.

Agar terhindar dari biaya besar saat perbaikan mobil, rupanya ada beberapa tips yang patut diperhatikanoleh  pemilik. Menurut laporan MSN Money, Rabu 3 September 2014, ada tujuh hal yang dapat memangkas biaya perawatan mobil. Apa saja itu? Berikut tips-tipsnya:

1. Periksa oli
Oli sangat penting untuk kehidupan mesin mobil. Penggantian oli secara teratur rupanya merupakan pertahanan terbaik untuk memperpanjang usia mobil.

Penggantian oli sebaiknya dilakukan setelah menempuh perjalanan sejauh 3.000 mil. Selain mengikuti saran standar, pemilik mobil sebaiknya kerap memeriksa warna oli, termasuk mengecek volume oli.
Jika kurang dari volume oli yang disarankan, sebaiknya anda segera melakukan penambahan.

Selain oli, tekanan ban dan tingkat pendingin mesin juga wajib menjadi perhatian pemilik kendaraan. Apalagi ketika musim atau perubahan suhu terjadi. "Tekanan udara dalam ban biasanya turun satu sampai dua pound untuk setiap 10 derajat perubahan suhu," kata Goodyear.

2. Servis rutin
Pemeliharaan berkala merupakan hal yang dapat memangkas biaya perbaikan mobil. Jika servis dilakukan secara rutin, masalah pada mobil akan berkurang, karena terpantau oleh pemiliknya.

Untuk mengetahui kapan mobil sebaiknya diservis, lihatlah jadwal rutin yang tertera pada buku manual. Sebaiknya, servis dilakukan pada jarak interval yang dianjurkan.

Terkadang, buku seringkali sulit ditemukan pemilik. Jika itu tidak berhasil ditemukan, lihatlah situs terpercaya yang menyebutkan perawatan berkala sesuai dengan jenis kendaraan, tahun pembuatan, dan jarak tempuh yang dianjurkan.

3. Perhatikan tanda aneh
Sama seperti halnya dengan memeriksakan volume oli, atau tekanan ban. Pemilik sebaiknya juga memperhatikan hal-hal lain pada mobil, seperti mendengar bunyi getaran, mencium bau bahan bakar bocor, dan lain sebagainya.

Kepekaan terhadap hal-hal itu dianggap penting untuk mendiangnosa masalah pada mobil sebelum dibawa ke bengkel.

Dengan begitu, setidaknya masalah-masalah kecil pada mobil akan cepat tertangani dengan cepat. Sifat mengabaikan dikatakan wajib dibuang jauh-jauh, agar kerusakan, kebocoran, dan bunyi-bunyi yang tidak enak didengar segera dapat diatasi.

4. Mekanik terpercaya
Memiliki mekanik yang baik merupakan hal penting untuk kesejahteraan mobil Anda. Dengan mekanik terpercaya dan andal, sudah pasti menjaga pengeluaran besar di kemudian hari.

Hal ini penting bagi mobil-mobil model tua yang tidak lagi dalam garansi. Dengan memiliki mekanik terpercaya, kita bisa lebih mudah melakukan konsultasi dan langkah perbaikan.

Untuk menemukan mekanik andal, tanyakan kepada teman, serta rekan-rekan yang mengerti kendaraan. Periksa pula di dunia maya terkait rekam jejaknya, apakah orang tersebut bermasalah saat mengerjakan perbaikan mesin.
Cari tahu pula apakah mekanik tersebut memiliki pengalaman memperbaiki kendaraan yang kita miliki. Jika tidak puas dengan hasilnya, carilah mekanik lain yang telah direkomendasikan orang-orang di sekitar kita yang dapat dipercaya.

5. Suku cadang asli


Penggunaan suku cadang palsu alias abal-abal sama halnya dengan membunuh kendaraan secara perlahan. Biasanya, suku cadang palsu mudah ditemukan di toko-toko kecil yang ada di pinggiran jalan.

Meski harganya sedikit mahal, pemilik sebaiknya menggunakan suku cadang asli yang dikeluarkan pabrikan mobil. Ini juga terbilang penting, karena biasanya, garansi mobil akan berlaku jika kita menggunakan suku cadang yang disarankan.
Jika tidak mengindahkan hal tersebut, bisa saja garansi tidak berlaku untuk kendaraan kita.

Sejumlah perusahaan membuat bagian-bagian yang dirancang untuk fungsi yang sama. Untuk mengetahuinya, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik terpercaya.

6. Cek harga
Pengecekan harga merupakan hal penting yang wajib ditempuh. Terkadang, banyak bengkel yang membanderol harga mahal untuk setiap pengerjaan. Padahal, harga mahal belum tentu menghasilkan hal terbaik.

Untuk kondisi ini, sebaiknya tanyakan kepada teman-teman serta rekan anda tentang begkel rekomendasi mereka yang menawarkan harga terjangkau dengan pelayanan yang mumpuni.

7. Cari diskon
Agar pengeluaran perbaikan mobil tak tekor, carilah diskon. Banyak saat ini bengkel bagus yang mengeluarkan beragam diskon untuk para konsumennya.

Sumber: otomotif.news.viva.co.id
Share on Google Plus

About Auto Formula MT

Solusi Pembiayaan Kredit Motor dan Mobil
Kredit Motor Murah Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki,
Pinjaman Dana Multiguna Dengan Jaminan Gadai BPKB
Syarat Mudah, Proses Cepat, Angsuran Ringan, Aman Didukung Leasing Resmi-Terpercaya

0 komentar:

Posting Komentar

Kami Tidak Menjawab Pertanyaan di Komentar,
Tanya-Jawab: Harap Langsung SMS/Telpon (24 Jam)
Bagi Yang Mau Nitip Promo, Iklan, Atau Link, Silahkan Tinggalkan Komentar, Tidak Akan Di Hapus, Asal : SOPAN Dan Tidak Berbau SARA,